Minggu, 13 Mei 2012

SISWA SMP DI MEDAN CIPTAKAN OBAT LUKA BAGI PENDERITA DIABETES


SISWA SMP DI MEDAN CIPTAKAN OBAT LUKA BAGI PENDERITA DIABETES

Fialdy Josua Pattiradjawane, pelajar kelas II SMP Yayasan Chandra Kesuma School, kecamatan Percut Sei Tuan, Medan, berhasil menemukan obat penawar luka bagi penderita kencing manis (Diabetes Melletus) dari cangkang (kulit) belangkas (kepiting ladam).

Dalam melakukan riset ini, ia mendapat bimbingan dari Prof. Harri Agusnar, Guru Besar bidang Kimia Lingkungan Universitas Sumatera Utara (USU). Dalam riset Fialdy juga menggunakan fasilitas laboratorium F-MIPA USU. Hasil temuannya ini telah diujicobakan kepada tujuh orang pasien sekaligus relawan penderita dengan luka kering akibat diabetes. Hasilnya, pasien yang menggunakan salep terbuat dari bahan dasar cangkang belangkas itu lukanya berhasil disembuhkan.

Hasil riset ini memperoleh medali perunggu pada even International Conference of Young Scientist ke 19 bidang Biologi di Nijmegen Belanda, pada awal tahun 2012. Bahkan, hasil karya Fialdy itu pernah diikutsertakan pada even Intrenational Conference Of Young Scientists ke 18 di Moskow di bidang ekologi dan berhasil meraih prestasi Special Award For The Best Presentation Skill.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar